-->

Profil Madrasah Aliyah Mathla'ul Anwar Pusat Menes

Profil

Foto Saya
Pandeglang, Banten, Indonesia
Madrasah Aliyah Mathla'ul Anwar Pusat Menes Terakreditasi "A" : BAN SM no 28.00.SMA/MA.0078.10 Alamat : Jl. Prapatan Cimanying - Menes - Pandeglang - Banten 42262 Telp/fax 0253 501560

Mathla’ul Anwar Menes Segera Bangun Sekolah Global

Singapore 29 Desember 2011 -- Kerjasama Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) dengan Madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyah Singapura kian nyata dengan akan beroperasinya Sekolah Global Mathla’ul Anwar Juli 2012 mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal PB Mathla’ul Anwar, Oke Setiadi, yang memimpin rombongan working visit ke Madrasah Al-Iryad Al-Islamiyah Singapura Kamis (29/12).

“Ini momentum yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan Mathla’ul Anwar hingga setara dengan sekolah-sekolah terbaik di Indonesia,” katanya.

Menurut Ketua Bidang Pendidikan Pengurus PB Mathla’ul Anwar, Jihaduddin Hifni, Sekolah Global Mathla’ul Anwar memiliki visi “mempersiapkan generasi ulul albab yang memiliki faedah kompetitif dalam percaturan global seimbang dalam penghayatan imaniyah, penalaran ilmiah, dan memiliki kecakapan amaliyah.” Jihaduddin melanjutkan bahwa sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan inteligensi, mengembangkan kreatifitas, dan menyempurnakan akhlak serta mampu mengaktualisaskan diri dalam kehidupan bermasyarakat yang plural berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah.

Kurikulum Sekolah Global Mathla’ul Anwar akan menggunkan standar nasional plus. Nilai plus yang dimaksud adalah keunggulan dalam Bahasa Inggris (standar IGCSE dari Cambridge University), sains dan matematika (standar olimpiade internasional), serta pembelajaran berbasis information and communication technology (ICT).

Lebih lanjut Jihaduddin menambahkan, pembangunan sekolah bukan latah atau ikut-ikutan lembaga lain mendirikan sekolah internasional seperti RSBI atau RSBI. “Kami bukan latah mendirikan SBI atau RSBI, ini merupakan bagian dari re-branding Mathla’ul Anwar, membangun image baru MA yang beberapa dekade ini mengalami pelemahan secara internasional.”

Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 1960-an sampai 1990-an, banyak pelajar MA yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri. “Saat ini agak sulit untuk mencari pelajar yang siap belajar ke luar negeri karena menurunnya kemampuan bahasa,” tutur Jihaduddin. Pada tahap awal, pembukaan sekolah ini akan dimulai dari TK, SD/MI dan MTs/SMP masing-masing satu rombongan belajar (rombel). “Kedepan, akan terus berlanjut hingga sekolah menengah bahkan Perguruan Tinggi,” tegas Jihad.

Sekolah Global Mathla’ul Anwar yang berlokasi di Banten ini akan menjadi sister school dari Madrasah Al-Irsyad Singapura. Bahasa pengantar yang akan digunakan sekolah global ini adalah Bahasa Inggris, kecuali untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan mata pelajaran keagamaan. Dalam waktu dekat Mathla’ul Anwar akan mengirim 40 guru untuk mengikuti pelatihan intensif di Madrasah Al-Irsyad Singapura. Pelatihan bagi para guru Sekolah Global Mathla’ul Anwar ini sudah mendapatkan komitmen pembiayaan dari Temasek Foundation Singapore.

Damanhuri Abbas, Principal Consultant dari Madrasah Al-Irsyad Singapura, mengaku optimis bahwa Sekolah Global Mathla’ul Anwar akan menjadi salah satu sekolah unggul di Banten bahkan Indonesia. “Kami tahu bahwa Mathla’ul Anwar memiliki sejarah yang panjang di bidang pendidikan Islam, itu akan menjadi nilai tambah bagi sekolah yang akan segera kita wujudkan,” katanya. “Kami merasa bangga dapat bekerjasama dengan organisasi Mathla’ul Anwar,” tambahnya.

Peresmian Sekolah Global Mathla’ul Anwar akan dilakukan bulan Maret 2012 bersamaan dengan penandatanganan kerjasama antara Mathla’ul Anwar, Al-Irsyad Singapura, dan Temasek Foundation. ***